Apa Yang Terjadi Jika Motor Injeksi Kehabisan Bensin?

Kini banyak sekali motor yang menggunakan teknologi injeksi, tidak hanya skutik, bahkan motor bebek, motor batangan juga menggunakan teknologi injeksi ini. Motor injeksi memang mmeberikan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan jenis teknologi motor sebelumnya.

Namun walaupaun lebih canggih dibandingkan dengan jenis motor lainya, banyak pro dan kotnra mengenai kondisi mesin motor injeksi. Selain itu banyak beredar bahwa motor injeksi kalau kehabisan bensin akan rusak parah. Benarkah demikian yang terjadi jika motor injeksi kehabisan bensi?

Menanggapi berbagai hal simpang siur mengenai motor injeksi, analyst dari technical serice Honda rangga noviar menjelaskan bahwa hal yang beredar bahwa motor injeksi kehabisan bensin akan menyebabkan rusak parah tidak sepenuhnya benar adanya.

Rangga memapasrkan bahwa teknologi injeksi kini telah berkembang pesat. Bahkan sudah berbeda dengan saat pertama kali di keluarkan. Pada dasarnya jika motor injeksi kehabisan bensin, maka motor akan mogok alias berhenti. Tidak akan sampai rusak parah. Mogok disini karena suplai bensi ke mesin terhenti sehingga mesin tidak dapat bergerak karena sumber bahan bakarnya tidak ada.

Banyak pro kontra yang beredar bahwa ketika motor injeksi kehabisan bensi akan merusak bagian fuel pump. Namun menurut rangga, perkembangan teknologi motor injeksi yang semakin maju membuat hal tersebut tidak terjadi. Bahkan saat kadar bahan bakar sudah mulai menipis, system dari motor injeksi ini akan memberikan penurunana tekanan apda fuel pump. Sehingga motor akan mmberikan sinyal seidikti tersendat.

Sinyal tersebut berguna bagi pengendara untuk menyadarkan akan kondisi bahan bakar mesin bahwa sudah menipis. Hal ini karena system dari motor injeksi saat ini sudah menggunakan system on off otomatis. Sehingga akan mengunci otomatis jika kondisi bahan bakar sudah habis.

Nah jika motor sudah terlanjur mati dan mogok karena kehabisan bahan bakar, anda tidak perlu cemas. Yang perlu anda lakukan hanya mengisi kembali bensi untuk motor anda. Selama mengisi bahan bakar ini memang mesin membutuhkan waktu untuk membiarkan sitem kembali membaca kondisinya.

Yang perlu anda laukan adalah menyalakan bagian starter motor dengan car aon off beberapa kali. Hal ini dilakukan untuk memancing fuel pump agar dpaat kembali bekerja. Biasaya akan menimbulkan suara mendenging hal itu biarkan saja. Karena justru sebagai tanda bahwa fuel pum sedang bekerja. Jadi biarkan system bekerja memasok bensin ke selang dan menyiapkan tekanan yang tepat untuk membuat motor dapat melaju dengan baik.

Jika semuanya berjalan dengan lancar maka motor akan kembali hidup. Namun memang sebaiknya jangan melakukan kebiasaan mengisi bensin ketika motor sudah mati. Sebaiknya anda slelau membawa motor dalam kondisi bahan bakar yang sellau tersedia.

Jangan mebiasakan untuk membiarkan tangki bensin motor kosong atau dalam kondisi minim. Walaupun hal ini tidak membuat kerusakan ekstrem namun jika dibiarkan berlarut larut akan membuar kinerja dari injeksi berkurang sehingga akan mengurangi usia pakai dari mesin injeksi itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *