Apakah Oli Mobil Bisa Basi Kalau Mobil Lama Tidak Dipakai?

Pada masa PSBB dan anjuran dirumah sja seperti ini banyak pemilik mobil yang memarkirkan mobilnya digarasai hingga waktu yang belum kita ketahui bersama. Mengingat hal ini banyak sekali muncul pertanyaan apakah oli mesin mobil bisa basi?

Mungkin anda berpikir bahwa oli mesin bisa kadaluarsa atau basi karena lama tidak dipakai. Namun apakah hal demikian ini benar? Oli mesin mobil memiliki umur pakai tertentu, namun oli tidak memiliki masa kadaluarsa. Jadi tidak akan basi walaupun tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Oli mesin mobil memiliki masa pakai tertentu kalau dipakai karena oli akan terkontaminasi dengan karbon saat melakukan pembakaran di dalam mesin mobil. Namun jika tidak dipakai oli akan baik baik saja tidak terkontaminasi oleh reaksi karbon dalam pembakaran.

Namun jika mobil lama tidak dipakai dan diamkan begitu saja, yang akan terjadi pada oli mesin mobil bukanlah basi namun mengendap. Oli akan mengendap dalam wadah penampungan oli di mesin mobil atau dalam carter bak penampungan oli.

Hal tersebut dapat menimbulkan slus atau lumpur yang dapat menggangu operasional mesin mobil. Terutama saat meisn mobil dinyalakan setelah sekian lama tidak dinyalakan. Oleh karena itu kalau mobil lama tidak dipakai hal ini memang tidak akan membuat jaminan bahwa oli mesin mobilnya masih bagus atau tidak.

Solusi dari hal ini tentunya adalah dengan rutin memanaskan mesin mobil. Tidak perlu setiap hari, isal tiga hari sekali anda memanaskan mesin mobil. Tujuanya untuk memperlancar sirkulasi mesin mobil dan mengisi daya dari aki mobil itu sendiri.

Mobil ahrus dipanaskan tiga hari sekali untuk menjaga agar baterai atau listrik dalam mesin mobil tidak habis. Jadi dynamo dan ampere masin terus menyuplai daya ke aki mobil itu sendiri. Anda cukup memanaskan mobil antara 10 hingga 15 menit. Selain itu jaga mesin dalam kondisi 15000 rpm atau lebih.

Nah bagi anda yang karena pandemic ini tidak menggunakan mobil sama sekali, ada baiknya untuk tetap memanaskan mobil secara rutin guna menjaga mesin mobil tetap optimal. Namun jika anda menemui masalah pada mobil anda jangan khawatir, gunakan bengkel kendaraan panggilan seperti HEPICAR.

hepicar call centre

HEPICAR tetap beroperasi selama masa pandemi ini. HEPICAR menawarkan layanan home servis dan jasa bengkel panggilan. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk ganti oli, atau servis rutin untuk mobil anda. Semua spesialis atau montir HEPICAR dalamĀ  masa pandemic ini mengikuti protocol kesehatan yang berlaku.

Dengan menggunakan jasa HEPICAR anda tidak pelru pergi ke bengkel untuk menangani masalah mobil anda. Cukup menggunakan aplikasi HEPICAR untuk menyelesaikan maslaah mobil anda. Tidak perlu keluar rumah dan spesialis HEPICAR akan datang kerumah anda.

Tidak hanya melayani bengkel umum mobil, HEPICAR juga melayani ajs acuci mobil panggilan. Anda dapat menggunakan layanan ini dalam sekali kunjungan untuk hemat waktu dan biaya. Dengan HEPICAR urusan perawatan mobil dapat dilakukan dalam beberapa klik saja lewat smartphone anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *