Perlukah Panaskan Mobil Tiap Hari ? Cari Tahu Jawabannya Disini

Perlukah kita memanaskan mobil tiap hari? Jika anda memiliki mobil keluaran baru hal ini pada dasarnya tidak perlu dilakukan. Namun jika mobil yang anda miliki merupakan mobil lawas atau masih menggunakan mesin keluaran agak lama sebaiknya tetap dilakukan.

Mesin mobil yang masih menggunakan teknologi zaman jadul seperti masih menggunakan karburator hal ini bermanfaat baik untuk kondisi mesin jika dilakukan tiap hari. Namun untuk mobil terbaru dengan tekologi ECU yang mampu membuat mesin dapat bekerja secara optimal dalam kondisi apapun, memanaskan mobil tiap hari tidak bergitu bermanfaat.

Selain mobil yang menggunakan teknologi ECU, mobil yang menggunakan teknologi fuel injection juga sudah tidak perlu dipanaskan tiap hari. Apalagi mobil yang sudah didukung dengan teknologi komputerisasi, memnaskan mobil tiap hari tidak perlu dilakukan.

Jika anda memiliki mobil masa kini, memanaskan mobil tiap hari justru akan membuang buang bahan bakar saja. Pada prinsipnya memanaskan mobil hanya membutuhkan waktu anatara 5 sampai 10 menit.

Hal tersebut tidak perlu dilakukan tiap hari, intinya jika kondisi temperature mesin mobil sudah mulai naik, oli mobil sudah naik ke bagian mesin, mobil sudah dapat dijalankan dengan baik. And adapat memanskan mobil dua atau tiga hari sekali saja.

Pada dasarnya memanaskan mobil bertujuan untuk membuat mesin mobil menjadi panas sehingga minyak pelumas atau oli dapat tersirkulasi dengan baik. Untuk mobil generasi 90an keatas yang mesin mobilnya menggunakan system one way valve, oli dari atas tidak akan turun ke bagian penampungan oli saat mesin dimatikan. Sehingga memanaskan mobil tiap hari juga dirasa tidak perlu.

Hal yang penting anda lakukan selain memanaskan mobil adalah mengecek kondisi mesin mobil. Hal ini dapat anda lakukan sembari memanaskan mobil misalnya. Anda dapat memanaskan dua hari sekali sambil di buka bagian permesinanya. Dibersihkan dan dicek bagian bagianya dengan teliti.

Hal tersebut akan lebih bermanfaat dan berguna untuk kondisi mobil anda ketimbang hanya memanaskan saja. Kemudian anda langsung tancap gas. Mengecek kondisi mesin membantu sekali dalam perawatan mesin kedepanya.

Namun jika mobil anda diam berlama lama di garasi atau saat kondisi pandemic dimana anda tidak pergi kemana mana menggunakan mobil, memanaskan mobil menjadi perlu dilakukan. Mengapa hal ini penting dilakukan? Tujuanya selain memanaskan mesin mobil tentunya adalah untuk menjaga agar tidak ada kotoran mengendap pada mesin mobil.

Kotoran yang mengendap pada mesin mobil lama kelamaan akan membuat kerak dan sulit dibersihkan. Jika hal ini terjadi tentu karat akan mampir pada mesin mobil anda. Apalagi kondisi mesin mobil yang terus dingin dapat membuat karat datang lebih cepat.

Selain itu dengan emamnaskan mobil secara rutin hal ini menjaga kondisi aki dan mesin mobil. Aki berfungsi untuk mengalirkan listrik pada mesin mobil sehingga perlu dinyalakan untuk tetap menjaga kondisi kelistrikan mobil.

Jika anda tidak akan menggunakan mobil dalam waktu yang lama paling tidak anda perlu memanaskannya tiap hari atau menggunakan mobil anda untuk berjalan-jalan di sekitar agar elemen elemen dalam mobil ikut bergerak dan menghindari karat baik pada mesin dan ban mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *