AC Mobil Tidak Dingin? Cek Bagian Ini Di Mobil Anda

AC mobil mendadak tidak dingin? Jika hal ini terjadi pada mobil anda, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Paling tidak enam komponen atau bagian mobil ini patut anda pastikan kondisinya.

Pertama penyebab AC mobil tidak dingin adalah Freon atau gas ac yang habis atau berkurang. Hal ini umumnya karena ada kebocoran pada Freon yang biasanya terjadi pada bagian sambungan pipa, saft atau relief valve pada kompresor mobil.

Komponen kedua yang perlu anda periksa adalah drivebelt atau fanbelt. Biasanya jika ac mendadak tidak dingin bagian tersebut biasanya putus. Fanbelt sendiri memiliki fungsi untuk menyambungkan putaran mesin ke kompresor. Nah ketika fanbelt ini putus tentunya tidak ada yang membuat kompresor bekerja sehingga Freon tidak bisa bergerak akibatnya tentu ac mobil anda tidak dingin alias mati.

Kondisi kondensator yang kotor juga mempengaruhi ac mobil anda. Apalagi jika kondensator ac tersebut kotor dan memiliki karat. Hal ini menjadi penyebab utama seringnya ac mobil tiba tiba mati. Kondensator yang tidak dapat bekerja maksimal tentu akan kesulitan untuk membuang gas yang dilepaskan dari kompresor akibatnya proses kondensasi akan terhambat dan ac mobil tidak terasa dingin.

Bagian lain yang perlu di cek adalah bagian dashboard mobil, jika bagian dashboard ada kebocoran atau dashboard tampak berembun  hal ini dapat dipastikan jika saluran pembuangan dari air kondensasi terhambat. Hal ini menyebabkan ac tidak dingin bahkan bisa membuat bau yang tidak sedap karena karpet mobil yang basah.

Komponen thermostat yang rusak juga membuat ac mobil tidak dingin. Komponen tersebut merupakan konpomnen yang ada di dalam evaporator yang berfungsi untuk membaca temperature suhu yang kemudian ke amplifier. Dari amplifier inilah akan diatur waktu untuk cut of atau berhenti dari compressor. Nah ketika thermostatnya rusak tentu system dari ac akan terganggu, amplifier tidak bisa membaca kapan melakukan cut of dan lain lain sehingga akan mengganggu kondisi ac mobil. Dan hasilnya ac mobil ada juga bisa tiba tiba tidak dingin.

Bagian lain yang perlu di periksa adalah motor extrafon yang memiliki fungsi sebagai pengatur kondensasi pada kondensor. Jika bagian ini mati tentunya akan menyepakan proses kondensasi menjadi terhambat. Akibatnya tentu ac tidak dingin.

Selain komponen komponen tersebut bagian lain yang ahrus and aperiksa ketika ac mobil tidak dingin adalah bagian kompresor mobil, oli compressor berlebihan atau tidak, magnetic clucth, evaporatornya kondisinya bagaimana. Nah hal hal tersebut merupakan hal dasar untuk mengetahui kondisi dan penyebab mengapa ac mobil anda tidak dingin.

Beberapa komponen tersebut penting di perhatikan jika ac mobil tidak terasa dingin. Nah bagi anda yang merasa suit untuk mengutak atik hal tersebut, kini dapat menggunakan jasa layanan bengkel mobil panggilan.

Kami merekomendasikan anda menggunakan HEPICAR. aplikasi bengkel mobil panggilan terbaik di Yogyakarta, Semarang dan Solo. HEPICAR melayani ajsa perbaikan ac mobil, karburator dan berbagai kebutuhan bengkel mobil anda lainya.

Jangan khawatir dimanapun anda berada, spesialis atau montir HEPICAR akan datang menemui anda. Segera saja download aplikasinya atau kunjungi webste HEPICAR untuk menggunakan bantuan HEPICAR sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *