Jangan Malas, Ini Yang Terjadi Kalau Mobil Jarang Dicuci

Salah satu kebiasaan buruk pemilik mobil adalah malas mencuci mobil. Padahal mencuci mobil merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Pasalnya ketika mobil kotor tentu akan membawa banyak masalah.

Bahkan saat musim hujan setelah kena air hujan sebaiknya mobil harus segera dicuci dengan air bersih. Hal ini berkaitan dengan kondisi cat mobil bahkan hingga kondisi mesin mobil. Oleh karena itu penting untuk rajin mencuci mobil dengan teratur.

Apalagi ditengah sitausi wabah pandemic corona seperti ini, mencuci mobil menjadi perkara wajib yang tidak bisa ditinggalkan oleh pemmilik mobil. Mobil yang kotor tentu bisa menjadi media persebaran virus.

Hal yang akan terjadi jika mobil jarang dicuci pertama kali adalah munculnya noda atau flek pada badan mobil. Hal ini terbentuk akibat noda yang lama menempel pada body mobil. Noda ini dapat berupa kotoran, air getah, kotoran hewan, debu yang membekas lama bahkan air hujan juga bisa menimbulkan flek atau noda pada body mobil.

Oleh karena itu sebaiknya rutin mencuci mobil secara teratur paling tidak seminggu sekali untuk mencuci mobil. Bahkan jika mobil anda habis kena air hujan  disarankan untuk segera mencuci mobil anda dengan air bersih. Hal ini penting untuk mencegah munculnya noda pada body mobil.

Selain munculnya noda atau flek pada body, efek buruk lain yang akan muncul jika malas mencuci mobil adalah karat. Ini merupakan efek samping dari bagian yang memiliki unsur besi atau logam jika dibiarkan tidak sering dibersihkan, terutama air hujan. Mengapa air hujan membuat karat, karena air hujan kebanyakan mengandung garam mineral sehingga mudah menimbulkan karat pada bagian mesin atau bagian lain yang mengandung besi.

Tak hanya karat, kerak juga akan bermunculan jika malas mencuci mobil. Kerak muncul jika ada noda kotor yang menempel terlalu lama. Misalnya mobil habis melewati daerah yang becek, bertanah, lumpur dan kotor. Debu dan lumpur yang bersatu juga lama kelamaan akan membentuk kerak. Oleh karena itu sebaiknya segera cuci mobil setelah melewati area yang  basah dan kotor.

Kolong kolong mesin mobil yang tidak dibersihkan bisa menjadi sarang hewan. Hewan hewan tersebut bisa jadi juga menggangu system mobil anda. Oleh karena itu penting untuk sering mengecek kolong mobil guna memastikan kebersihan dan kondisinya.

Masalah lain yang penting untuk diperhatikan jika anda malas mencuci mobil adalah karat. Karena karat akan lebih sulit dibersihkan dibandingkan noda biasanya. Karat ini muncul pada bagian yang memiliki unsur besi.terutama karat pada kolong mobil. Nah untuk menghindari hal ini sebainya rutin mencuci mobil maksimal dua minggu sekali.

Kolong mobil yang kotor juga bisa menimbulkan masalah pada suspense dan shock breaker mobil. Paslanya  debu yang masuk dpaat merobek karet suspense jika dibiarkan lama kelamaan apalagi jika ada pasir masuk hal ini dapat menimbulkan masalah pada system suspense.

Nah setelah membaca paparan diatas mari rajin mencuci mobil. Minimal seminggu sekali mobil dibersihkan namun jika dlama kondisi tertentu tidak salah juga untuk segera mencuci mobil atau mmebilasnya.

Cuci mobil kini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tidak perlu datang ke bengkel atau temat pencucian mobil. Pakai saja aplikasi HEPICAR untuk mendapakan layanan cuci mobil panggilan dengan mudah cepat dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *