Jangan Panik, Ini Yang Harus Dilakukan Kalau Pecah Ban

Apa yang harus dilakukan saat pecah ban mobil ditengah perjalanan? Tetap tenang alah kunci dari hal ini. Pecah ban mobil saat mengendarai dengan tiba tiba tentu akan membuat efek yang mengejutkan bagi pengendara tentunya. Namun bagi pengemudi kondisi panic dan terkejut dapat membahayakan seluruh pengendara mobil.

Mengetahui bagaimana harus bertindak dan mengambil langkah untuk antisipasi dalam keadaan tak terduga seperti pecah ban merupakan hal yang penting dilakukan oleh para pengemudi. Tentunya hal ini untuk menjaga keamanan para penumpang dan pengemudinya sekalian.

Apa yang harus dilakukan pengemudi saat pecah ban mobil? Berikut ini tis mengatasi pecah ban mobil untuk para pengemudi:

  • Tetap tenang dan jangan panic adalah kunci utama dari musibah ini. Anda sebagai pengemudi harus benar benar mampu menguasai mobil
  • Hindari penggunaan rem dan jauhkan kaki anda dari pedal rem
  • Cara mengurangi laju kendaraan pada insiden ini adalah dengan melepas pedal secara perlahan. Jangan melakukan hal tersebut dengan cara mendadak karena dapat menyebabkan ban mobil menempel pada aspal jalan
  • Pastikan anda masih menggenggam kemudi setir dengan erat. Pertahankan arah mobil melaju agar mobil dapat berjalan lurus. Segera menyalakan lampu sein kiri untuk menunjukan ke pengemudi lain jika anda akan memakirkan mobil
  • Pastikan setelah berada di pinggir jalan untuk menyalakan lampu hazard dan pastikan anda telah benar benar mengerem mobil hingga benar benar berhenti
  • Lampu hazard usahakan tetap menyala agar para pengemudi lain mengetahui bahwa mobil anda dalam keadaan bermasalah

Pada dasarnya mengemudi saat pecah ban memang bukanlah hal yang mudah sama sekali. Hal ini jika tidak dilakukan dengan benar dapat membuat mobil berguling atau hilang kendali. Tentunya nyawa dan keselamatan yang akan menjadi taruhanya. Oleh karena itu penting sekali untuk tetap tenang dan bergerak cepat dalam situasi tersebut.

Hal ini akan semakin komplek dan membutuhkan kecepatan ekstra apabila kondisi pecah ban saat mobil sedang bergerak. Pengemudi hanya memiliki waktu untuk merespon hal ini sangat cepat. Hal utama yang ahrus dilakukan dalam kondisi seperti itu adalah tenang dan melepaskan pedal perlahan lewat engine brake. Pengemudi sebaiknya menahan kemudia dua tangan sehingga kendaraan sesuai arah tujuan. Jangan lakukan gerakan kasar mendadak, kontrol mobil dengan gerakan yang halus.

Mengerem mobil secara mendadak terutama dalam kondisi pecah ban akan memperparah keadaan mobil anda. Dengan mengerem mendadak berat mobil akan berpindah kedepan serta setir akan semakin menarik bagian ban yang pecah akibatnya mobil bisa terguling atau terbalik.

Lalu bagaimana cara untuk mencegah pecah ban terjadi? Tips untuk mencegah pecah ban terjadi pada mobil adalah dengan rutin melakukan pengecekan tekanan ban mobil serta kondisi mesin mobil anda. Terutama jika anda akan melakukan perjalanan jauh. Sebaiknya periksa terlebih dahulu seluruh komponen dan mesin mobil tersebut.

Jika anda menemukan masalah selama perjalanan atau dengan kondisi mesin mobil anda ada baiknya menggunakan aplikasi bengkel panggilan online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja dengan mudah. Kami merekomendasikan anda menggunakan HEPICAR bengkel mobil panggilan area yogyakarta, solo dan semarang.

Sehingga jika ada masalah yang menimpa mobil anda tidak perlu bingung harus mencari bengkel mobil terdekat ada dimana, namun anda sudah menemukan solusinya langsung dengan menggunakan aplikasi bengkel mobil panggilan HEPICAR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *