5 Tips Mengamankan Mobil Saat Parkir Dirumah

Saat pandemic korona seperti ini tentu banyak mobil yang hanya parker dirumah saja. Walaupun demikian tentu keamanan mobil juga harus diperhatikan. Tindak kejahatan dapat kapan saja dan dimanapun saja terjadi.

Bagaimana menjaga agar mobil tetap aman saat parkir dirumah saja? Berikut ini kami berikan 5 tips menjaga mobil tetap aman saat parkir dirumah saja

  1. Pasang alarm dan pakai kunci tambahan

Alarm merupapakan alat yang paling mudah di aplikasikan pada mobil anda. Walaupun kini sudah banyak pencuri yang mampu mengakali cara kerja alarm mobil, namun memasang alarm tetap suatu tindakan yang efektif untuk menjaga mobil anda. Paling tidak untuk memperlambat aksi pencurian.

Selain alarm jangan lupa untuk menggunakan kunci tambahan pada mobil. Kunci ini dipasang baik pada roda atau pada bagian kemudi. Kunci tambahan ini akan membuat mobil tetap pada tempatnya walaupun pencuri berhasil menyalakan mesin mobil anda.

  • Tidak meninggalkan barang yang berharga di dalam mobil

Satu hal remeh namun kadang terlewatkan adalah meletakkan barang berharga di dalam mobil. Adanya barang berharga di dalam mobil tentu akan menarik perhatian pencuri terhadap mobil anda. Oleh karena itu jika anda meletakkan barang di dalam mobil sebaiknya jangan yang tampak langsung dari luar kaca.

  • Aktifkan GPS

Gunakan gps dan tracker untuk memantau mobil anda. Alat seperti gps ini sangat bermanfaat untuk melacak dan mengetahui posisi kendaraan anda bahkan secara real time. Jika apesnya mobil anda hilang paling tidak anda mengetahui dimana posisi mobil anda berada.

  • Simpan kunci mobil jauh dari pintu masuk

Meletakkan kunci mobil di area garasi memang memudahkan anda saat buru buru atau bepergian seperti biasaya. Namun hal ini juga bukan tidak mungkin justru menjadi malapetaka bagi anda sendiri.

Sebaiknya simpan kunci mobil jauh jauh dari area garasi. Hal ini akan menyulitkan pencuri saat berusaha untuk menyalakan mobil anda atau membawa kabur. Sebaiknya kunci disimpan di tempat yang tidak mudah dijangkau orang atau hanya anda saja yang mengetahui dimana menyimpan kunci tersebut.

Selain itu pastikan untuk selalu mengechek semua setelah anda mengunci atau mematikan mobil saat parkir. Pastikan pintu dan jendela mobil sudah terttutup dengan rapat dan alarm dalam posisi menyala. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan keamanan mobil anda sendiri.

  • Jangan lupa, asuransikan mobil anda

Menggunakan asuransi untuk mobil juga patut dipertimbangkan. Hal ini memberikan proteksi yang lebih terhadap mobil anda. Adanya perlindungan total loss only dan total loss accident memberikan jaminan terhadap kerusakan atau biaya perbaikan terhadap mobil anda. Biasnaya besaran biaya yang ditanggung lebih besar sama dengan 75% dari nilai mobil anda sendiri.

Bagaimana jika mobil diparkir diluar rumah? Pastikan bahwa kondisi mobil masih bisa terpantau oleh anda. Selain itu pengamanan ganda dengan kunci tambahan juga snagat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini.

Selain itu ada trik lain yang cukup unik dan efktif jika anda lakukan untuk mengelabui para pencuri. Jika anda mau anda dapat mencopot salah satu bagian ban belakang mobil dan gunakan ganjal dongkrak. Nah untuk mobil lawas yang belum menggunakan teknik injeksi, anda juga bisa mencabut busi sehingga mobil tidak dapat berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *