Inilah 4 Hal Yang Terjadi Ketika Sering Males Ganti Oli Motor

Motor yang setiap hari dikendarai harus rutin diganti minyak pelumasnya. Kalau tidak rutin diganti tentu masalah yang akan menimpa pada mesin motor anda. Apakah anda termasuk kaum yang malas ganti oli motor secara rutin? Jika iya silahkan ketahui akibatnya seperti dibawah ini.

Pada dasarnya oli motor harus diganti ketika motor telah menempuh perjalanan paling tidak antara 1500 hingga 4000 km. jika melebihi batas tersebut sebaiknya anda harus segera menggantinya. Mengapa hal ini penting diperhatikan? Jawabannya tentu kondisi dan performa mesin motor anda.

Batas toleransi yang biasanya masih dapat diterapkan adalah antara 500 hingga 1000 km. jika melewati batas toleransi anda harus segera mengganti oli motor anda. Selain itu selama masa toleransi tersebut sebaiknya anda juga memperhatikan kondisi mesin motor anda.

Lalu jika anda mengabaikan hal itu semua apa yang akan terjadi? Nah berikut ini adalah gambaran apa yang akan terjai ketika anda malas mengganti minyak pelumas motor:

  1. Kondisi mesin motor tidak akan optimal

Terlambat mengganti oli motor dapat menyebabkan penurunan performa mesin motor. Hal ini tentu disebabkan karena kualitas minyak pelumasnya yang sudah tidak bagus. Umumnya hal ini terdengar dari bunyi suara motor yang kasar bahkan kadang sulit dinyalakan.

  • Overheating

Oli selain digunakan sebagai pelumas juga digunakan sebagai pendingin komponen mesin motor. Jika kondisi pelumas ini sudah tidka berkualitas atau ahkan tidak dapat melakukan fungsinya tentu akan berkibat pada mesin motor. Hal ini akan berefek pada mesin motor yang akan cepat panas.

  • Lebih boros bensin

Minyak pelumas mesin yang berkurang kualitasnya dapat membat mesin mengalami gesekan yang lebih banyak dan membuat mesin menarik lebih kuat. Akibatnya tentu akan lebih boros bahan bakar.

  • Komponen mesin motor akan rusak

Masih akan membiarkan malas ganti oli motor atau malas masih menunda nunda untuk ganti oli mesin motor? Kondisi mesin motor yang minyak pelumasnya tidak diganti dalam jarak tertentu dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin. Hal ini akan membuat mesin menjadi turun dan bahkan merusak komponen lainya. Pasalnya mesin dipaksa bekerja ekstra namun tidak diberi pelumas, pendingin serta bahan untuk menghentikan pertumbuhan karat pada besi mesin.

Jika dihitung hitung tentunya efek terlambat mengganti oli saja sudah berkaibat fatal terhadap performa mesin. Oleh karena itu lebih baik anda rajin mengganti oli mesin sekarang juga. Walaupaun ditengah pandemic yang membuat anda tidak pergi kemana mana anda tetap bisa mengganti oli mesin tepat waktu.

Kini untuk mengganti oli mesin motor semudah anda pesan makanan lewat ojek online. Kini ada banyak aplikasi bengkel motor panggilan online yang beroperasi. Nah bagi anda yang berada di Yogyakarta, Semarang dan Solo, kami merekomendasikan untuk menggunakan bengkel motor panggilan dari HEPICAR.

Aplikasi HEPICAR dapat anda download di google play dan app store. Dengan menggunakan aplikasi HEPICAR ganti minyak pelumas motor bisa kapan saja dan dimana saja. Tidak pelru takut untuk keluar rumah karena anda memang tidak perlu keluar rumah. Dengan HEPICAR montir atau spesialis HEPICAR yang akan datang menemui anda.

Ganti oli mesin motor dapat terjadwal dan rutin sesuai dengan kebutuhan anda. Tidak hanya ganti oli HEPICAR juga menyediakan jasa bengkel umum motor. Jadi anda dapat kapan saja dan dimana saja periksa sekaligus ganti oli motor anda dengan HEPICAR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *